4 Cara Menggabungkan PDF Menjadi Satu Secara Mudah “100% WORK”

Posted on

Menggabungkan pdf – Portable Document Format (PDF) merupakan sebuah berkas yang berbentuk format dan telah dikembangkan Adobe Systems dalam kebutuhan pengiriman dokumen berbentuk digital. Dalam format PDF juga menampilkan file berbentuk 2D yang telah mencakup teks, grafik, maupun gambar vektor 2D.

Cara Menggabungkan PDF Menjadi Satu Dengan Mudah

Banyak yang sudah menggunakan PDF untuk kebutuhan mereka. Bahkan berbagai ebook maupun dokumen digital telah menggunakan format ini. Sekarang ini banyak dokumen resmi juga beralih format word menjadi format PDF.

Meskipun begitu, dokumen PDF juga dapat diedit menggunakan software khusus saja, jika ingin memperkecil serta menggabungkannya jadi satu. Karena itulah berikut ini akan dibahas tentang cara menggabungkan PDF.

1. Adobe Acrobat

Cara pertama dengan Adobe Acrobat yang merupakan software besutan dari Adobe Systems untuk membuat, maupun melakukan edit file PDF. Anda dapat menggabungkan sejumlah file sekaligus dengan adobe acrobat. Untuk itu, langkah dan cara menggabungkan file dengan Adobe Acrobat bisa dengan langkah dibawah ini:

  • Langkah pertama Install Adobe Acrobat di komputer Anda.
  • Kemudian pilih versi Standard ataupun Pro, bukannya versi trial. (sejumlah komputer biasanya telah dilengkapi oleh Adobe Acrobat. Namun, tak ada salahnya jika Anda install versi terbarunya).
  • Lalu buka Adobe Acrobat, dan klik tombol Create di toolbar utama. Bila Anda tak menemukan opsi ‘Create PDF’, maka bukalah View yang terdapat di toolbar, kemudian pilih tombol Task lalu pilih Show All Task Buttons.
  • Pilihlah Combine Files into a single PDF pada Create. Opsi ini berguna menggabungkan beberapa dokumen di komputer jadi satu file PDF.
  • Lakukan klik Browse pada window, di layar komputer. Cari dokumen yang mau digabungkan menjadi satu file PDF. Setelah menemukannya, Klik OK dengan begitu dokumen yang dipilih bakalan tersalin di kotak putih yang ada di sebelah kanan.
  • Sortirlah dokumen yang telah dipilih berdasarkan urutan. Gunakan tombol Remove, move down, maupun move up jika ingin merapikan data. Kemudian hilangkan juga tanda centang sebelah perintah Include all open PDF files (bila Anda tak ingin memakai file PDF yang dulu pernah dibuka.
  • Sesudah dokumen diurutkan, lakukan klik Combine Files kemudian tekan OK.
Baca Selengkapnya :  Cara Print Bolak Balik Pada Word Dengan Mudah dan Lebih Cepat

Nah, sampai disini proses penggabungan dokumen jadi satu file berbentuk PDF sudah selesai, sekarang Anda bisa menyimpan file PDF (‘Save As..’) menggunakan nama sesuai keinginan.

2. Icecream PDF Split & Merge

Aplikasi kedua ini juga sangat efektif dalam menyatukan dokumen menjadi satu file PDF. Caranya dengan langkah langkah dibawah ini:

  • Seperti cara pertama tadi, unduh dulu software Icecream PDF Split & Merge kemudian install pada komputer Anda. Ketika menginstallnya, hilangkan dulu tanda centang disebelah tulisan instalasi perangkat lunak yang kamu inginkan.
  • Lalu buka software tersebut, dan klik ‘Add File’, serta pilih dokumen mana yang mau digabungkan.
  • Lalu sortir dokumen pilihan anda sesuai urutan yang diinginkan, menggunakan tombol ‘Up’ ataupun ‘Down’ berada di samping kanan. Tambahkan juga kata sandi agar berkas anda terlindungi setelah dilakukan penggabungan.
  • Jika prosesnya usai, maka langsung klik ‘Merge’ guna menggabungkan seluruh dokumen jadi satu file berbentuk PDF.

3. Smallpdf.com

Pada cara penggabungan file bentuk PDF kali ini akan dilakukan secara online. Karena, Anda bakalan membuat file PDF pakai situs smallpdf.com. Langkah dan caranya bisa dilakukan seperti langkah dibawah ini.

  • Langkah pertama masuk ke browser komputer, kemudian masuk pada link smallpdf.com
  • Lalu pilih dokumen yang mau digabungkan, lalu klik serta tahan di dokumen tersebut. Kemudian seret berkas di jendela warna abu-abu bernama ‘Drop PDF Here’ di laman situs itu.
  • Kemudian sunting berkas itu sesuai urutan yang anda mau.
  • Setelah selesai merapikan dokumen berdasarkan urutan, lakukan klik ‘Merge PDF!’ di bagian bawahnya. Bila mau menyimpan file pada komputer, maka download file yang dibuat tersebut.

4. Nitro PDF

Software yang ke 4 ini telah dirancang secara khusus untuk membuat maupun menyunting file PDF. Namun sayangnya, aplikasi ke 4 ini berbayar. Namun, anda dapat menggunakan versi trialnya. Langkah dan caranya bisa dilakukan dengan tips berikut ini.

  • Langkah pertama unduh aplikasi Nitro PDF. Anda akan memperoleh versi trial yang dapat digunakan dalam waktu 14 hari. Setelah masa percobaan tersebut habis, maka Anda pun harus membeli aplikasi ini bila mau menggunakan seterusnya.
  • Bukalah aplikasi Nitro PDF di komputer Anda.
  • Kemudian Pilih dokumen mana yang akan digabungkan menjadi file PDF. Klik shift+klik kiri untuk dokumen pilihan anda. Kemudian pindahkan file itu pada folder supaya lebih mudah mencarinya.
  • Kemudian masuk lagi di dalam Nitro PDF lalu buka folder yang isinya dokumen yang mau digabungkan oleh aplikasi ini. Anda dapat memilih opsi ‘Combine Files in NitroPDF’.
  • Lalu rapikan dokumen pilihan Anda dengan menyortirnya berdasarkan urutan. Pakai tombol ‘Move Up’ serta ‘Move Down’ guna menaikkan ataupun menurunkan urutan dari dokumen tersebut.
  • Kemudian pilih kualitas terbaik bagi dokumen pada ‘Make PDF Files’. Disarankan juga untuk memilih Print Ready atau Larger File Size.
  • Lalu simpan dokumen tersebut pada kolom ‘Save PDF to..’ kemudian pilih lokasi penyimpanannya.
  • Kemudian pilih ‘Create’, dengan begitu file PDF telah selesai dibuat.
Baca Selengkapnya :  Cara Cek Data E-KTP Online Paling Mudah

Itulah cara menggabungkan PDF yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba.