[PALING AMPUH] 9 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Play Store

9 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Play Store

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Play Store – Mungkin itu kata kunci yang anda cari di Google bagi yang mengalami masalah gagal download Aplikasi di Google Play Store. Karena memang salah satu keunggulan dari Android adalah tersediannya Aplikasi gratis serta beberapa di antaranya sangat berguna bagi anda baik itu Aplikasi Hiburan, Jejaring Sosial, Produktifitas atau game yang mana bisa dengan mudah anda temukan di Play Store. Masalah ini bukan hanya di alami oleh pengguna HP Android tertentu saja bahkan seperti merk branded lainnya di antaranya seperti Samsung Galaxy, Asus Zenfone, Soni Xperia, LG, Motorola, Smartfren Andromax, Advan mungkin mengalaminya.

Play Store merupakan Aplikasi yang paling utama ketika pengguna merasa bahwasanya Aplikasi bawaan tidak lagi memberikan manfaat yang maksimal dalam mendukung keseharian aktifitas anda, sehingga anda pun perlunya Aplikasi tambahan yang wajib di Download melalui Play Store. Keunggulan lainnya dari Google Playstore adalah pemasangan aplikasinya mudah, pengguna cukup melakukan Login lalu mencari Aplikasi yang di butuhkan lalu menginstallnya dengan menekan tombol Install. Akan tetapi seperti yang di katakan di atas terdapat beberapa pengguna yang mengalami masalah pada saat proses download sehingga tidak bisa terpasang di HP Android miliknya. Lalu, apa yang menjadi masalah ini terjadi dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Penyebab Tidak Bisa Download Aplikasi Dari Google Play Store

Segala masalah tentu ada penyebabnya, dari hp satu dengan yang lainnya akan mengalami masalah yang berbeda-beda. Agar lebih jelasnya silahkan lihat penjelasan berikut ini.

Pertama, biasanya hal ini di sebabkan masalah yang paling umum yakni internet yang lambat. Dalam hal ini di katakana lambat adalah mengenai paket yang di gunakan dari kartu SIM yang mana pengguna biasanya menggunakan juga di beberapa Aplikasi seperti GPS, facebook, BBM, Whatsapp dan aplikasi lainnya yang berjalan di backround sehingga ketika Aplikasi yang akan di gunakan tidak mendapatkan jatah kuota Internet

Kemudian yang ke-2 adalah adanya pesan yang bertulisan “Penyimpanan yang tersedia tidak cukup” atau “insufficient storage available”. Sebenarnya kita sudah mendapatkan petunjuk bahwasanya ruang penyimpanan tidak mencukupi atau sudah Penuh.

Lalu yang ke-3 adalah karena pengguna terlalu banyak cache yang di bersihkan. Meski ini jarang terjadi tapi tidak sedikit pengguna yang melakukannya, karena cache adalah file sementara yang di buat secara otomatis pada setiap Aplikasi Android untuk mempercepat kinerja Aplikasi tersebut. Tapi tahukah anda bahwa file Cache ini bisa saja rusak sehingga bisa mempengaruhi kinerja proses dan menjadikannya Error.

Cara Mengatasi Gagal Download Aplikasi Dari Google Play Store

Dari penjelasan penyebab Aplikasi tidak bisa di Download Melalui Play Store merupakan yang paling umum, karena sebenarnya masih banyak penyebab lainnya yang membuat seseorang gagal melakukan Download di Play Store. Nah, untuk mengatasinya anda bisa mengikuti cara berikut ini.

  1. Cara yang pertama adalah dengan mengubah APN (Acess Point Name). dengan menggunakan cara ini anda akan merubah APN alternative sesuai dengan layanan pada kartu SIM yang anda gunakan bertujuan sebagai solusi mempercepat koneksi internet.
  2. Cara ampuh yang Ke-2 adalah silahkan anda buka aplikasi Play Store lalu tap My Apps. Disini anda akan melihat beberapa Aplikasi yang sudah terpasang. Jika ada yang menjalankan proses Update silahkan anda batalkan
  3. Cara ke-3 adalah dengan melakukan clear cache (Membersihkan Cache) khusus pada Aplikasi Google Play Store saja caranya Tap Settings > Aplication manager > All > Pilih aplikasi Google Play Store kemudian tap “Clear Cache” dan “Clear Data”
  4. Cara yang ke-4 Mengembalikan Google Plays Store ke versi awal atau pertama kali saat kita menggunakan HP Android tersebut caranya dengan Tap Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Google Play Store lalu tap “Uninstall updates”.
  5. Ke-5 yakni dengan mengaktifkan Download Manager caranya Tap Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Download Manager lalu tap “Enable”.
  6. Cara yang ke-6 adalah dengan mematikan Smartphone atau Tablet Android kemudian anda lepaskan baterai, memori eksternal (MicroSD) dan kartu SIM. Biarkan selama beberapa menit chipset tersebut tidak menerima energy lalu barulah hidupkan kembali
  7. Ke-7 adalah dengan melakukan factory reset kemudian gunakan Paket Internet dari kartu SIM baru
  8. Cara yang ke-8 adalah dengan menggunakan koneksi Wifi. Karena biasanya provider kartu SIM anda mengalami gangguan atau paket Internet habis.
  9. Ke-9 adalah dengan melakukan Flashing. Tapi cara ini tidak disarankan karena untuk melakukan Flashing anda harus menggunakan Firmware yang sesuai dengan HP Android yang bermasalah yang mana jika salah atau tidak compatible malah perangkat Anda yang akan rusak.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika mengalami masalah Tidak Bisa Download Dari Play Store di HP Android mungkin cara di atas terlalu banyak, karena hal ini berdasarkan pada setiap HP berbeda-beda masalahnya. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :