2 Cara Ampuh Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem “Tanpa Aplikasi”

Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem WiFi dan Via USB

Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem Wifi – Bisa di bilang HP Andoid adalah hp multi fungsi yang bisa anda gunakan apa saja seperti menjadikannya sebagai modem tethering (Wifi) atau sebagai modem lewat kabel data. Sehingga dengan adanya fitur tersebut anda tidak perlu harus mengeluarkan budget lebih hanya untuk membeli Modem GSM.

Hampir semua merk Smartphone dengan menggunakan Operating system Android sudah menyediakan fitur Modem Tethering tersebut, jadi dimana saja dan kapan saja anda tetap terhubung dengan Internet di Laptop anda dan tidak harus ribet membawa Modem GSM lainnya.

Meski demikian, ternyata masih banyak pengguna Android yang tidak tahu bahwa HP Android bisa di jadikan sebagai modem dan yang sudah tahu pun tidak mengetahui bagaimana membuat HP Android tersebut sebagai modem. Maka hargaponsel.net dalam hal ini akan memberikan tutorial mengenai bagaimana Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem Tethering atau Via Kabel Data, namun yang harus anda ingat adalah pastikan bahwa HP Android anda telah di lengkapi dengan fitur Hotspot Wifi dan memiliki kuota Internet yang cukup. Berikut Tutorial 2 Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem :

1. Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Hotspot WiFi

Cara yang pertama ini merupakan yang paling mudah untuk bisa anda terapkan untuk menjadikan HP Android sebagai modem Wifi, anda cukup mengaktifkan hotspot wifi setelah itu tinggal anda koneksikan antara HP dengan PC melalui Wifi. Untuk lebih jelasnya silahkan anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, pastikan PC/Lapop anda sudah Support koneksi WiFi
  2. Selanjutnya di HP Android anda aktifkan Portable Hotspot caranya buka menu Setting → Lainya → Pilih Thetering & Hotspot WI-FI portable → Lalu aktifkan WIFI portable
    Cara Ampuh Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem
  3. Kemudian, jika anda ingin jaringan Wi-Fi tersebut tidak bisa di gunakan orang lain caranya dengan menekan menu “Siapkan Hotspot WI-FI”. Disini anda bisa mengatur Password sebagai keamanan WiFi yang akan digunakan
    Cara Ampuh Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem
  4. Jika sudah, Aktifkan jaringan data seluler
  5. Sekarang, hubungkan Wifi dari HP Android dengan PC/Laptop. Aktifkan WiFi di PC/Laptop anda kemudian tunggu sampai jaringan wifi membaca Jaringan WiFi HP Android tadi
  6. Jika sudah terbaca/terdeteksi, maka silahkan anda tekan Connect dan masukan password wifi yang sebelumnya sudah anda atur Passwordnya tadi.
  7. Selesai

Dengan mengikuti langkah di atas pastinya anda sekarang sudah bisa berselancar di Internet dengan menggunakan jaringan WiFi alias tanpa kabel kapan saja dan dimana saja. Namun, bagi anda pengguna PC/Laptop yang tidak memiliki dukungan Jaringan Wifi bisa menggunakan HP Android sebagai modem Via Kabel data. Untuk cara settingnya bisa anda ikuti dibawah ini :

2. Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Via USB

Cara yang ke-2 ini pun bisa di bilang untuk menyeting HP Android sebagai Modem USB sangat mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara yang pertama. Untuk lebih jelasnya silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Sambungkan HP Android dengan PC/Laptop Via USB
  2. Bagi anda yang pertama kali menghubungkan HP dengan PC melalui USB maka akan di minta untuk menginstall USB Driver terlebih dahulu.
  3. Silahkan anda cari USB driver sesuai dengan Merk HP Android anda dengan Searching di google. Karena banyak yang menyediakannya
  4. Jika sudah, download dan instal USB driver tersebut di PC/Laptop anda
  5. Setelah itu, Buka Menu Setting → Pilih Lainya → Pilih Menambatkan & Hotspot WIFI portable → Selanjutnya hidupkan Penambatan USB dan Hotspot wifi portable.
  6. Pastikan anda sudah mengaktifkan koneksi data di android
  7. Terakhir, di PC/Laptop silahkan anda tekan ikon yang bergambar sinyal, letaknya ada di paling bawah sebelah kanan. Lihat apakah HP Android anda sudah terhubung atau belum. Jika sudah, silahkan anda tekan “Connect”.
    Cara Ampuh Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem
  8. Selesai

Bagaimana, mudah kan? Dengan mengikuti Tutorial 2 Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem di atas sekarang anda bisa kapan saja Online di Laptop/PC tanpa harus membeli Modem GSM yang tentunya harus mengeluarkan budget lebih. Selamat Mencoba

Baca Juga :