Tips Membeli Laptop Berkualitas untuk Semua Kalangan

Tips Membeli Laptop Berkualitas untuk Semua Kalangan

Tips membeli laptop – Perkembangan zaman yang semakin modern dan maju, membuat hampir segala pekerjaan perlu ditunjang dengan barang elektronik yang satu ini, yaitu laptop. Laptop merupakan komupter yang berukuran relative kecil dan ringan, dapat dibawa kemana-mana, beratnya berkisar 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi dari laptop tersebut. Laptop sudah terdiri dari layar, keyboard, dan trackpad yang berfungsi sebagai mouse. Laptop juga memiliki batrei yang memungkinkan untuk dibawa kemana saja tanpa harus dihubungkan ke stopkontak (sumber listrik).

Saat ini laptop menjadi barang yang umum digunakan oleh kaum dewasa, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa seiring berkembangnya zaman, dalam dunia pendidikan sudah banyak menggunakan latop untuk proses mengajar yang lebih efektif. Bahkan tidak sedikit dari mereka khususnya para pelajar tiap individu harus memiliki laptop. Selain daripada itu dalam dunia kerja sektor modern menuntut calon karyawannya untuk mahir dalam mengoperasikan perangkat lunak seperti komputer. Membiasakan sejak dini dalam menggunakan laptop dapat menunjang dan menambah ketrampilan sebagai bekal dalam mencari pekerjaan di masa depan.

Selain sebagai penunjang untuk ketrampilan dalam bekerja, laptop juga berguna untuk membantu proses kelancaran pendidikan anak. Karena saat ini banyak tenaga pengajar yang menggunakan latop dalam proses mengajarnya. Hal ini memudahkan pihak pengajar untuk memberikan materi.

Meski perkembangan zaman yang begitu maju dan banyak perangkat mobile seperti smartphone dan gadget leptop belum dapat digantikan sepenuhnya oleh perangkat tersebut. Laptop sekarang sudah menjadi kebutuhan yang amat penting bagi beberapa kalangan. Para pelajar dan juga para pekerja kreatif yang harus menyelesaikan pekerjaanya tiap waktu. Tidak hanya kaum profesional saja yang membutuhkan laptop dengan performa tinggi. Tentu saja semua kalangan ingin membeli laptop yang benar-benar dapat diandalkan untuk menunjang berbagai macam tugas atau pekerjaan. Ketika membeli laptop baru, pasti mengingkinkan spesifikasi yang bagus dan juga dapat bertahan lama lebih dari 3 tahun. Maka dari itu diharapkan ketika membeli laptop harus teliti. Berikut tips membeli laptop yang berkualitas

Banyak sekali faktor yang harus diperhatikan ketika akan membeli laptop untuk mendapatkan laptop dengan kualitas yang baik.

1. Ketahui Apa Kebutuhan Kamu

Ini yang paling utama yang perlu diperhatikan sebelum mebeli laptop, yaitu untuk apakah kamu membeli laptop. Apakah hanya untuk browsing, main game, mengedit foto dengan photoshop atau bahkan untuk desain grafis atau untuk edit video. Hal ini tentu saja membutuhkan spesifikasi laptop yang berbeda.

2. Desain Laptop

Banyak berbagai macam desain laptop, mulai dari yang tebal sampai tipis. Namun saat ini banyak laptop dengan desain yang sangat tipis, apalagi model 2-in-1 yang dapat dilepas pasang keyboard-nya. Namun hal tersebut juga perlu diperhatikan terutama pada bagian engsel 360 derajatnya. Sangat disarankan untuk memegang dan merasakan apakah laptop tersebut punya desain yang solid atau rapuh.

3. Konvensional Vs Hybrid

Laptop konvensional memang sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai perkerjaan, akan tetapi ukurannya memang agak merepotkan untuk dibawa serta bobotnya yang cukup berat. Namun seiring perkembangan zaman sudah diciptakan laptop 2-in-1 atau hybrid dengan ukuran yang nyawan untuk dibawa-bawa. Akan tetapi kembali pada poin pertama yaitu memilih sesuai kebutuhan, jika memang pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu berat, maka cocok untuk menggunakan laptop 2-in-1 atau Hybrid.

4. Dukungan Fitur Keamanan Tambahan

Membeli laptop tentunya untuk menyimpan data-data penting, maka dari itu mengamankan laptop hanya dengan pasword kurang aman. Karena pengamanan dengan mengunakan pasword mudah dijebol. Kemanaan laptop dengan fitur yang lebih kuat seperti fingerprint sensor atau windows hello sangat dianjurkan.

5. Kenyamanan Keyboard

Tidak dapat dipungkiri, bahwa spesifikasi yang tinggi dan desain yang menjadi kriteria ketika memilih laptop. Akan tetapi perlu diingat bahwa pasti menginginkan laptop yang tahan lama. Dengan memperhatikan kenyamanan keybord-nya. Karena pasti akan sering menggunakan latop untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dengan mengetik. Tombol keyboard yang di tekan haruslah benar-benar nyaman, jarak antar tombol keyboard juga harus dierhatikan agar nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

6. Spesifikasi Teknis yang tepat

Setelah mengetahui laptop jenis apa yang dibutuhan, selanjutnya mengetahui spesifikasi laptop yang tepat. Misalnya jika ingin digunakan untuk gaming maka dianjurkan memilih prosesor VGA. Kapasitas hardisk juga perlu dierhatikan untuk menampung semua data, serta jika membutuhkan kecepatan pastikan leptop memiliki solid state drive.

7. Daya Tahan Batrei

Kebanyakan laptop tidak menawarkan daya tahan batrei yang cukup lama. Maksimalnya hanya berkisar 6-8 jam. Ketahanan batrei memang sulit diukur, karena tergantung banyaknya alpikasi yang dijalankan dan tergantung jenis prosesor yang digunakan. Dengan melakukan perawatan hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kualitas dan daya tahan batrei.

8. Portabilitas

Jika pekerjaan menuntut untuk membawa laptop kemana-mana pastikan ukuran dan berat laptop tidak menjadi kendala. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak menjadi kendala dalam pekerjaan. Akan tetapi, pastikan desainnya solid dan tidak mudah ringkih.

9. Kualitas Layar

Kualitas layar yang perlu diperhatikan yaitu mengenai jenis layar yang digunakan, resolusi layar, dan sudut pandang penglihatan layar. Warna yang jelas dan monitor yang memiliki berbagai pengaturan brightness untuk menyesuaikan tampilan, sangat cocok sebagai pilhan.

10. Perlengkapan Konektivitas

Kelengkapan konektivitas juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan ketika membeli laptop. Hal ini penting diperhatikan mulai dari USB, sangat diperlukan karena kebanyakan perangkat pendukung seperti mouse, flashdisk, modem, memory card, dan lainnya membutuhkan port USB untuk menyambungkan ke laptop.
Demikian tips membeli Laptop yang berkualitas. Semoga tips ini dapat menjadi patokan referensi bagi semua kalangan dalam membeli laptop. Jadi, semua poin-poin tersebut diatas perlu dipertimbangkan agar mendapat laptop yang berkualitas.

Baca juga: