Cara PALING AMPUH Mengatasi “Sayangnya Google Play Telah Berhenti”

Cara PALING AMPUH Mengatasi “Sayangnya Google Play Telah Berhenti”

Sayangnya layanan google play telah berhenti – jika anda sering menggunakan aplikasi play store mungkin ada banyak kendala yang anda alami selama membuka aplikasi ini. Salah satu kendalanya adalah muncul pesan error yakni “Sayangnya layanan Google Play Telah Berhenti”.

Ini bisa saja terjadi ketika anda sedang mencari aplikasi yang akan diunduh atau bahkan sedang mendownload yang akhirnya anda gagal mendownload berkas tersebut. Jika aplikasi play store pada ponsel android anda mengalami hal tersebut, maka anda harus melakukan hal tepat sebagai solusi.

Sebelum hal itu dilakukan, ketahui dulu apa penyebab pesan tersebut muncul. Ada beberapa sebab yang bisa membuat pesan eror tersebut muncul. Salah satunya adalah adanya cache yang menumpuk dan tidak pernah anda bersihkan sama sekali. Cache berguna sebagai file sementara untuk membantu sistem supaya bisa memuat segala hal dengan lebih cepat. Namun jika terlalu lama tidak dibersihkan, maka file sementara tersebut akan rusak sehingga mengakibatkan eror.

Ini tak hanya terjadi dengan aplikasi play store saja. Melainkan aplikasi lain pun bisa mengalami masalah ini. Beberapa ponsel android yang pernah mengalami masalah ini seperti Android Jelly Bean, lollipop, KitKat, atau produk lain seperti Samsung Galaxy, Advan, ASUS, Xiaomi, Lenovo, Sony Experia, Oppo, atau produk smartphone lainnya. Peringatan “unfortunately, google play has stopped” bisa muncul dengan tiba-tiba. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini.

Cara Mengatasi peringatan “Sayangnya Google Play Telah Berhenti”
Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan jika anda mengalami masalah eror sayangnya google play berhenti. Dengan beberapa langkah dibawah ini, maka peringatan tersebut tidak akan muncul. Sehingga proses install aplikasi bisa dilakukan lagi dengan sukses.

1. Tap Settings » Selanjutnya Apps » All » setelah itu, carilah aplikasi dari Google Play Store seperti gambar dibawah ini.

2. Kemudian Tap Force Stop dan tap Clear Data serta Clear Cache. Hal ini bertujuan untuk menghentikan paksa serta menghapus data maupun cache yang terdapat pada aplikasi play store tadi.

3. Lalu Tap Uninstall Update. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisa mengembalikan versi sebelumnya.

4. Di tampilan All, kemudian Anda pilih saja Google Play Service dan tap Clear Cache.

5. Yang terakhir, anda harus mematikan hp Android dan cabut baterai dengan MicroSD nya beberap detik. Selanjutnya pasang lagi dan hidupkan ponsel kembali.
Cara ini akan menghilangkan peringatan eror Sayangnya layanan google play telah berhenti. Sementara itu, jangan lupa untuk selalu menghapus cache menggunakan aplikasi dari clean master. Selamat mencoba.