7 Aplikasi Membuat Video Animasi di HP Android “Paling Mudah”

Posted on

Daftar Aplikasi Membuat Video Animasi di HP Android

Semua orang bisa membuat video dengan hanya bermodalkan kamera pada ponsel pintarnya. Dengan sedikit edit dan filter, video yang dihasilkan bisa sempurna. Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat video animasi pendek yang menarik. Nah, kalau Anda termasuk salah satunya, jangan berkecil hati, pasalnya saat ini aplikasi membuat video animasi sudah banyak.

Aplikasi untuk membuat video animasi sangat banyak, khususnya untuk desktop. Khusus untuk ponsel Android, ternyata aplikasi serupa juga ada dan mudah digunakan. Jika, Anda tertarik untuk membuat video animasi pendek dengan bermodalkan aplikasi pada ponsel pintar, simak rekomendasinya di artikel ini.

Aplikasi Membuat Video Animasi di Android yang Banyak Dipakai

Belajar untuk membuat video animasi memang tidak mudah. Butuh waktu bertahun-tahun, apalagi Anda ingin terjun ke dunia film. Namun, kalau sekadar membuat video pendek untuk lucu-lucuan, Anda cukup memakai beberapa aplikasi di bawah ini.

1. Animation Desk

Animation Desk

Aplikasi video animasi pertama adalah Animation Desk. Aplikasi ini digunakan untuk menggambar objek secara manual. Anda akan disediakan pensil, kuas, sampai krayon untuk membuat objek sesuai dengan keinginan. Selanjutnya, ulangi lagi untuk membuat objek layer per layer, agar nanti bisa dijadikan animasi.

Kalau Anda masih pemula dalam menggunakan aplikasi ini, ada baiknya untuk membuat video dengan gerakan sederhana saja. Misal menggambar bebek yang memiliki gerakan maju atau mundur. Buat jadi beberapa gambar untuk disusun menjadi satu susunan layer. Begitu semua gambar selesai, semua lapisan bisa disatukan, agar menghasilkan gambar bergerak.

Baca Selengkapnya :  Cara Remote PC Lewat Internet Dari Android Dengan Teamviewer

Lantaran semua dilakukan secara manual, kemungkinan mengalami kesalahan atau gagal jadi animasi akan besar. Meski demikian, Anda bisa tetap mencobanya hingga terbiasa. Jika semua fitur yang ada di sini dikuasai, Anda bisa membuat animasi cukup panjang.

2. Stickman Animator

Stickman Animator

Tidak semua orang memiliki kemampuan melukis atau menggambar yang baik. Itulah kenapa aplikasi seperti Stickman Animator dibuat. Tujuannya adalah agar semua orang dengan berbagai kemampuan menggambar bisa membuat animasi sederhana yang cukup unik, dengan memakai rangkaian korek api atau stickman yang unik.

Cara menggunakan aplikasi Stickman Animator, sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu membuat objek seperti orang-orangan dari korek api. Selanjutnya, buat layer per layer dengan gerakan yang berbeda. Cukup geser-geser saja bagaimana figurnya harus bergerak. Selanjutnya, coba jalankan animasi sesuai keinginan.

Selain stickman yang menjadi andalannya, ada beberapa objek lain seperti gambar pohon, anjing, sampai senjata. Mainkan imajinasi Anda untuk membuat animasi yang unik dan bisa disimpan untuk dibagikan ke media sosial.

3. Draw Cartoons 2

Draw Cartoons 2

Draw Cartoons 2 adalah aplikasi animasi yang menawarkan fitur cukup lengkap. Anda bisa menggambar objek secara langsung hingga ke struktur tulang. Selanjutnya, objek juga bisa diberi perintah sendiri untuk melakukan pergerakan. Dalam satu scene, bisa ada lebih dari satu objek dan bisa dibuat untuk saling melakukan interaksi.

Lantaran memiliki fitur yang lengkap, Anda harus mempelajari dengan baik setiap bagian-bagiannya. Kalau hal ini tidak dilakukan, ada kemungkinan animasi jadi salah dan tidak mau bergerak. Untuk permulaan, ada baiknya menggunakan objek sederhana saja. Selanjutnya bisa memakai yang lebih kompleks.

Semua hasil animasi dari aplikasi bisa disimpan langsung pada memori ponsel. Selanjutnya, Anda bisa membaginya ke media sosial atau cukup menyimpannya sendiri untuk melihat perkembangan Anda membuat animasi.

4. Stick Fighter

Stick Fighter

Stick Fighter hampir sama dengan aplikasi animasi lain yang menggunakan model korek api yang disusun sedemikian rupa. Selanjutnya, Anda bisa membuat layer demi layer dengan menggerakkannya atau menambahkan elemen lain. Untuk menggerakkan objek, Anda tinggal menggesernya perlahan-lahan agar scene yang diputar lebih halus.

Baca Selengkapnya :  Cara Install Rom Samsung S5 Andromax C JB Tanpa PC "PALING MUDAH"

Konsep dari Stick Fighter ini sama dengan flipbook. Bedanya, objek yang digunakan jauh lebih sederhana. Anda tidak perlu sampai membuat hingga beratus-ratus gambar yang sama agar pergerakanya bagus. Cukup buat layer gerakan utama dari karakter dan aplikasi akan membuat gerakan animasi jadi lebih baik.

5. FlipaClip

PicPac Stop Motion & TimeLapse

Bisa dibilang FlipaClip merupakan aplikasi membuat video animasi yang sudah next level. Konsepnya mungkin sama dengan flipbook, tapi banyak fitur menarik lain, seperti ada informasi terkait waktu animasi sampai ke filter agar hasilnya lebih maksimal. Semua bisa dilakukan secara manual layer per layer agar hasilnya sempurna. Lakukan dengan sabar agar hasil maksimal, ya!

Membuat gambar animasi memang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Itulah mengapa Anda disarankan menggunakan stylus atau sejenisnya. FlipaClip sudah mendukung penggunaan stylus seperti Samsung Galaxy Note. Kalau menggunakan stylus, gambar yang dibuat bisa sempurna dan presisi. Apalagi kalau Anda ingin memberikan warna agar hasilnya lebih sempurna.

6. PicPac Stop Motion & TimeLapse

PicPac Stop Motion & TimeLapse

Aplikasi bernama PicPac Stop Motion & TimeLapse ini tergolong cukup unik, jika dibandingkan dengan lainnya. Anda bisa membuat stop motion dengan unik memakai berbagai gambar yang sudah tersimpan pada ponsel atau langsung merekamnya. Selanjutnya, video bisa disimpan dengan resolusi tertentu dan diposting di medsos yang Anda miliki agar banyak yang melihat.

Anda bisa membuat semacam animasi dengan objek tertentu menggunakan aplikasi ini. Misalnya, menggunakan koleksi Lego yang dimiliki. Gerakan Lego agar membentuk scene tertentu. Selanjutnya, segera proses dengan cepat dan objek yang Anda gerakkan seperti bergerak dengan sendirinya, mirip animasi yang ada di film atau televisi.

7. Animate free!

Animate free

Sebagian besar aplikasi yang digunakan untuk membuat video animasi di atas menggunakan objek dua dimensi atau 2D. Khusus pada aplikasi terakhir ini, kita akan membahas aplikasi yang digunakan untuk membuat aplikasi 3D dengan lebih mudah dan cepat. Bahkan, aplikasi ini ditujukan untuk anak-anak usia 9-12 tahun.

Baca Selengkapnya :  [Tanpa Root] 3 Cara Ampuh Menambah Kapasitas Memori Internal di HP Android

Fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini terdiri dari gerakan dari objek yang bisa mulus dan sesuai dengan keinginan. Selain itu, ada banyak komponen lain yang bisa dipakai seperti mengubah bentuk dari karakter, pakaiannya, hingga apa saja aksesori yang dipakai. Semua bisa dilakukan dengan otomatis, meski Anda tidak ada kemampuan animasi sama sekali.

Satu scene animasi bisa diisi hingga tiga karakter, Anda bisa membuatnya bergerak sendiri-sendiri atau ada interaksinya. Apa saja bisa dilakukan sesuai dengan keinginan. Oh, ya beberapa fitur mungkin masuk dalam layanan premium, sehingga Anda harus beli dulu sebelum menggunakan semuanya.

Sebagian besar aplikasi membuat video animasi di atas gratis dan bisa langsung dipakai setelah diunduh. Namun, beberapa fitur premium juga disematkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau Anda hanya butuh aplikasi untuk edit sederhana saja, versi gratis sudah lebih dari cukup untuk membuat animasi yang baik.

Dari beberapa aplikasi di atas, kira-kira mana yang menurut Anda terbaik? Jika belum menentukan pilihan, coba pilih beberapa di urutan paling atas. Jika setelah mencoba dan merasa cocok, lanjutkan menggunakan aplikasi itu. Namun, kalau butuh hal yang baru, bisa dicoba satu per satu atau lihat ulasan dari pengguna lain terlebih dahulu.

Baca Juga :