8 Software Desain Grafis Terbaik yang Bisa Dipakai Pemula

Posted on

Daftar Software Desain Grafis Terbaik yang Bisa Dipakai Pemula

Salah satu jenis pekerjaan yang selalu dibutuhkan oleh banyak perusahaan adalah seorang desainer grafis. Mereka yang memiliki background pendidikan desain atau bisa menjalankan software desain grafis banyak dicari untuk dipekerjakan. Melihat peluang yang besar tersebut, saat ini banyak orang mempelajari aplikasi desain grafis yang sudah banyak bermunculan

Aplikasi desain yang ada di luar sana jenisnya ada banyak dan memiliki keunikan sendiri-sendiri. Jika Anda ingin mencoba belajar untuk mengerjakan desain, pilihlah yang sesuai kebutuhan dan juga perangkat yang dimiliki. Berikut beberapa rekomendasi software desain grafis yang bisa dipelajari.

Rekomendasi Software Desain Grafis Terbaik yang Mudah Dipelajari

Jenis software atau aplikasi untuk desain grafis ada banyak dan memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri-sendiri. Jika Anda ingin belajar melakukan desain sebagai bekal untuk bekerja atau untuk menambah skill, berikut rekomendasi yang bisa digunakan.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe. Fungsi utama dari aplikasi ini sebenarnya untuk melakukan manipulasi pada gambar. Misal mengedit foto agar jadi unik atau menambahkan stiker dan tulisan. Namun, kemampuan lain untuk melakukan desain grafis juga ada dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Salah satu kemampuan dari Photoshop yang bisa diandalkan untuk sektor desain grafis adalah dapat digunakan untuk membuat poster dan juga logo. Jika Anda ingin membuat poster, konten promosi, atau lainnya juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Prosesnya juga lebih cepat dan bisa dilakukan oleh pemula.

Baca Selengkapnya :  Download RULES OF SURVIVAL 1.3671 (Full) Apk Mod + Data Android

2. Corel Draw

Corel Draw

Corel Draw merupakan aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh seorang desainer grafis. Hanya berbekal satu aplikasi ini saja Anda bisa melakukan pengolahan gambar secara digital dengan mudah. Semua gambar berbasis vektor bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan atau dibuat jika terdapat aset yang belum ada sebelumnya.

Aplikasi desain Corel Draw bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis desain gambar baik yang sudah ada atau baru dibuat secara orisinal. Anda juga bisa membuat poster, pengumuman, logo, atau banner sekalipun dengan mudah.

Jika Anda masih pemula dan akan belajar menjadi seorang desainer grafis, Corel Draw cukup mudah digunakan dengan hanya melihat tutorialnya saja. Selama Anda hafal semua fungsi dari fitur yang ada di sana dan mampu mengombinasikannya dengan baik, karir sebagai desainer grafis bisa dengan mudah didapatkan.

3. Adobe InDesign

Adobe InDesign

Jika Anda ingin bekerja di perusahaan penerbit buku atau mungkin koran, aplikasi Adobe InDesign wajib dikuasai. Apalagi aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat aneka desain layout untuk buku, majalah, koran, sampai membuat poster. Anda bisa melakukan desain dengan mudah untuk menata teks serta memanipulasi gambar.

Fitur yang diberikan pada aplikasi besutan Adobe ini sangat lengkap termasuk untuk melakukan desain grafis. Sehingga meski belajar di satu tempat Anda bisa menguasai banyak hal. Jika fokus Anda lebih pada memanipulasi gambar atau objek vektor lainnya, Adobe Illustrator atau Corel Draw adalah pilihan yang tepat.

4. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator

Jika bisa disejajarkan Adobe Illustrator ini sama dengan Corel Draw. Fungsi utamanya untuk melakukan pengolahan pada gambar berupa vektor dan membuatnya sendiri. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat aneka logo, membuat ikon atau stiker, gambar kartun, mewarnai objek, dan modifikasi lain yang sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan seorang komikus yang banyak memproduksi konten lalu dipajang pada media sosialnya. Sebagian besar dari mereka menggunakan Adobe Illustrator untuk membuat karyanya. Bagi mereka aplikasi ini mudah dijalankan dan fitur untuk manipulasi berbagai gambar atau objek mudah dilakukan meski Anda baru pertama kali menggunakannya.

Baca Selengkapnya :  Download BlackPlayer EX 20.55 (Patched) Apk Mod for Android Terbaru

5. Xara Designer

Xara Designer

Xara Designer memiliki dua fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh seorang desainer grafis atau seorang desainer pembuat aplikasi. fitur manipulasi gambar atau objek vektor sudah lengkap. Anda bisa membuat berbagai jenis logo dengan mudah karena template sudah disediakan, selanjutnya poster hingga brosur juga mudah untuk didesain.

Fitur kedua yang bisa didapatkan jika menggunakan aplikasi ini adalah membuat objek dalam bentuk flash, jadi objek bisa memiliki animasi tersendiri yang unik. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat sebuah video animasi atau dipakai untuk membuat aplikasi sederhana. Oh ya, ukuran dari Xara Designer sendiri cukup kecil dan enteng, sekitar 120-an MB saja.

AAA Logo

Jika Anda ingin membuat suatu logo perusahaan, logo untuk baju, atau lainnya, aplikasi yang sering digunakan adalah Corel Draw. Sayangnya, tidak semua orang menguasai aplikasi tersebut. Apalagi mereka yang tidak memiliki kemampuan desain baik. Jawaban dari masalah itu adalah menggunakan AAA Logo yang prosesnya instan.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat logo dengan melakukan manipulasi berbagai logo yang sudah disediakan. Sehingga jika Anda belum ada bayangan sebelumnya akan membuat logo seperti apa bisa mendapatkan pencerahan. Desain logonya memiliki banyak jenis dan beberapa bagian bisa Anda ubah sendiri sesuai kebutuhan.

Satu buah logo bisa dibuat dalam waktu kurang dari sejam. Bahkan, jika logonya memiliki desain yang simpel, Anda hanya butuh waktu beberapa menit saja dan hasilnya bisa sempurna.

7. Manga Studio

Manga Studio

Sesuai dengan nama aplikasinya, Manga Studio digunakan untuk menggambar sebuah manga atau komik. Berbagai fitur yang ada di sini banyak digunakan untuk keperluan mendesain karakter pada komik hingga membuat semacam fan art. Mereka yang berkarir di dunia komik serta animasi disarankan untuk banyak belajar aplikasi ini.

Baca Selengkapnya :  Download BlueStacks Pro 4.190.0.5002 (Rooted, Modded, Offline) For Windows

Jika dilihat sekilas, manga studio ini bentuknya mirip sekali Photoshop. Namun, fitur di dalamnya lebih rumit dan memang dipakai untuk mendesain manga. Aplikasi Manga Studio dibuat oleh pengembang di Jepang, sasarannya adalah pekerja di industri manga dan orang yang tertarik mendalaminya.

8. Inkscape

Inkscape

Aplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan untuk melakukan desain grafis adalah Inkscape. Aplikasi ini juga tergolong open source. Meski demikian, kemampuannya cukup unggul dan bisa menyamai aplikasi berbayar seperti Corel Draw atau Adobe Illustrator. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan olah gambar secara digital dengan basis vector.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini kurang lebih sama dengan apa yang sudah dibahas di atas. Namun, ada satu kelebihan yang membuatnya layak untuk dipelajari. Kelebihan itu adalah tidak perlunya perangkat komputer dengan spesifikasi terlalu tinggi. Jadi, hampir semua desktop mampu menjalankannya.

Software desain grafis yang ada di luar sana umumnya tidak gratis dan Anda diharuskan untuk membeli lisensi untuk jangka waktu tertentu atau selamanya. Jika Anda ingin belajar dengan baik dan menggunakannya untuk terjun ke dunia kerja, ada baiknya untuk memakai versi orisinal meski secara harga cukup mahal.

Pada dasarnya bekerja di dunia desain akan banyak berhubungan dengan hak cipta atau copyright. Apa yang Anda buat meski sederhana memiliki hak cipta dan itu mahal. Aplikasi untuk mendesain pun juga demikian. Jadi, mari saling menghargai agar industri kreatif yang memang sedang Anda geluti bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga :